Kenapa Membaca Itu Penting ?

September 14, 2016


Posting tentang membaca ini sebenarnya sudah lama nangkring di draft saya, tapi baru sempat ditulis lagi hari ini. Bagi saya sendiri, membiasakan diri membaca merupakan hal yang sangat penting apalagi jika ingin berhubungan dengan kegiatan tulis menulis. Sebelum memberikan alasan kenapa membaca itu penting, penulis riset sedikit kesana dan kemari agar alasan- alasan yang dituliskan disini tidak hanya berdasarkan sudut pandang penulis saja. Dan sedikit tercengang, berdasarkan riset yang dilakukan Unesco pada tahun 2012, minat baca masyarakat indonesia hanya sebesar 0,001 ini berarti dari 1000 orang hanya 1 orang  yang memiliki minat membaca.

Membaca adalah jendela dunia begitu kata pepatah. Bagi beberapa orang, membiasakan diri untuk membaca merupakan hal yang sangat mudah karena dari pribadinya sendiri memang hobi membaca atau sadar bahwa memang membutuhkan membaca. Tapi bagi orang yang tak suka membaca, membiasakan diri untuk membaca sama susahnya dengan bergelut melawan rasa malas. Salah satu alasan dari malas membaca adalah minimnya  motivasi diri untuk membaca. dibawah ini adalah beberapa alasan menurut penulis kenapa membaca itu penting. 

1. Menjadi Lebih Pintar

Tidak dapat dipungkiri dengan membaca akan membuat seseorang memiliki wawasan yang lebih luas. Semakin banyak buku yang kita baca akan memberikan lebih banyak pengetahuan baru yang akan kita dapatkan. Sehingga wawasan kita terhadap sesuatu pun akan bertambah. Dibawah ini adalah alasan pentingnya membaca yang diambil dari buku karya Hadi Santoso, Jalan Tol Menuju Miliader. 


2. Meningkatkan Kemampuan Otak Kanan 

Dengan membaca akan membuat seseorang membayangkan apa yang dibacanya, menciptakan imajinasi yang sensasinya tidak bisa dibandingkan dengan hanya duduk di depan televisi. Saat membentuk imajinasi tersebut, otak kanan akan bekerja lebih maksimal. 

3. Mencegah Pikun

Otak kita akan terus berkontraksi saat kita membaca, kenapa? karena saat membaca kita dituntut untuk berfikir. Sama halnya dengan otot, otak kita akan lebih kuat jika dilatih terus menerus. Hal ini  akan akan menajamkan ingatan kita. Saya sendiri terkadang mengamati saat saya sedang berkunjung ke sanak saudara. Ayah ipar kakak saya tidak bisa dikatakan muda lagi, tapi pemikirannya benar - benar maju dan ketika menganalisa sesuatu akan sangat cepat dan langkah yang diambil pun sangat bijaksana. Awalnya saya pikir hal itu dikarenakan pengalaman saja, karena beliau memang sudah tak muda lagi sehingga pengalamannya pasti lebih banyak. Ternyata oh ternyata, saat berkunjung ke rumah beliau, saya dibuat kagum dengan deretan koleksi buku - buku berkualitas yang beliau punya. pas ditanya jawabnya "Biar nggak pikun" Wah pantas saja hobi baca ternyata.

4. Mengetahui Apa Yang Dipikirkan Orang Lain

Percaya atau tidak, dengan membaca akan membuat kita memiliki prespektif yang lebih kaya. Tulisan merupakan hasil pemikiran seseorang sehingga dengan membaca tulisan, kita akan mengetahui apa yang dipikirkan orang tersebut. Serunya lagi, dengan membaca banyak buku artinya kita mengetahui lebih banyak lagi sudut pandang dari orang lain.

5. Membaca Adalah Kebiasaan Orang Sukses

Sebenarnya saya dulu sangat malas membaca. Hingga akhirnya saya tersadar untuk ingin menuai sukses di usia dini, dan saya paham betul bahwa sukses adalah habit, jadi saya pun browsing kesana kemari kebiasaan orang sukses dengan berbekal keyword habit of ultra successful people. Deretan nama seperti Bill Gates, Mark Cuba, Elon Musk, dan Mark Zuckerberg ternyata memiliki kebiasaan membaca setiap harinya. Bill Gates menghabiskan kurang lebih 50 buku dalam setahun, yang artinya dia membaca 1 buku setiap minggunya. Dan Elon Musk saat diwawancari oleh pewarta huffingtonpost menjawab rahasia dia untuk membangun kesuksesan adalah membaca buku. 

5 alasan diatas adalah secuil alasan dari alasan yang lebih banyak lagi kenapa membaca buku itu sangat penting. Jika dirasa kurang, anda bisa mengunjungi link yang saya tautkan pada akhir post tulisan ini untuk mengetahui lebih banyak lagi. Just if you feel hungry to read ^^

Pesan saya, akan lebih baik  jika buku yang kita baca bukan merupakan hasil bajakan, agar manfaat membaca akan langsung terasa pada diri kita dan lebih barokah. Godaan untuk membaca buku bajakan memang sangat besar, karena harga buku bajakan yang sangat jauh lebih murah sehingga akan menggoda iman kita untuk membelinya. Untuk menghindari tindakan ilegal tersebut, mungkin dapat diatasi dengan meminjam buku dari teman, membeli buku bekas (jadi tetap asli) yang harganya lebih murah, atau kalau sangat mepet sekali download ebooknya, asal jangan disebarluaskan lagi ya, untuk konsumsi pribadi saja. Terakhir, cara yang paling mudah dan aman mencegah pembajakan adalah dengan menabung khusus untuk membeli buku. :D

Reference :


copyright Journalholic.blogspot.com

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE ^^

recent posts

Instagram @aniswardhani_