Birthday Number : 21

October 11, 2016

Hi, 21 ! 

Alhamdulillah hari ini saya genap berusia 21 tahun. Wah sudah kepala 2 ! Ya, tidak terasa saya sudah bukan anak - anak lagi. Rasanya baru kemarin saya jadi lulusan sma, dan sekarang saya sudah lulus kuliah. Saya benar - benar bersyukur, di ulang tahun saya kali ini, Allah telah memberikan banyak rejeki yang sangat berarti dalam hidup saya. Tepatnya pada 8 Oktober 2016 kemarin, saya di wisuda, saya sudah resmi menjadi lulusan diploma. Bagi saya, kado terindah dan terbaik saat ini adalah masih bisa berada disamping Ibunda tercinta dan masih merasakan kasih sayangnya, memiliki keluarga yang sangat istimewa dan juga banyak teman baik di sekitar saya yang selalu mendukung saya dan memotivasi saya bahkan ketika saya sedang sangat down. Saya sadar, tanpa mereka saya bukanlah siapa-siapa. Di ulang tahun ke-21 tahun ini, saya pun berdo'a supaya Allah meridhoi saya untuk bisa terus bersama Ibu, keluarga, dan teman - teman baik saya, Saya ingin menjadi pribadi yang bermanfaat, khususnya untuk mereka. 

Saya pikir, saat ulang tahun merupakan momen yang sangat berharga bagi setiap manusia. Bagaimana tidak, berulang tahun menandakan bahwa individu tersebut telah menginjak babak baru dalam kehidupannya, olah sebab itu, tidak sedikit orang yang membuat resolusi ketika berulang tahun dan momen ini merupakan "gong" yang tepat untuk memulai perubahan. Saya pun juga tidak ingin ketinggalan, mengingat angka 21 tahun menandakan bahwa babak kedewasaan saya sudah benar - benar di depan mata, semakin banyak tanggung jawab yang akan dipikul, dan semakin banyak mimpi - mimpi yang ingin di raih. Beberapa bulan sebelum saya berulang tahun ke 21 ini, saya mengalami pre-21 syndrome saya.


Jujur saja, rasanya berat untuk bertemu dengan angka 21. Jika biasanya, saya menanti - nanti untuk segera bertemu hari lahir, tahun ini pun rasanya sangat berbeda. Saya ketakutan mendekati hari ultah. banyak sekali pikiran yang terlintas di kepala saya, banyak sekali mimpi yang ingin saya capai, dan melihat angka 21 bukanlah angka kecil menurut saya. Saya takut mimpi - mimpi itu tidak bisa tercapai, saya berfikir mungkin saya tidak akan bisa bermain - main lagi dengan teman - teman saya karena saya sudah dewasa dan tanggung jawab saya akan semakin bertambah. Dan setelah bercerita tentang ketakutan saya ini, ternyata banyak juga teman saya yang lebih dulu berulang tahun memikirkan hal yang sama sebelum ulang tahunnya. Untunglah, salah satu sahabat saya menyadarkan saya, berulang tahun bukanlah suatu momen yang perlu ditakuti. Mungkin saya terlalu melihat ke atas dan kurang melihat ke bawah, oleh sebab itu saya hanya terfokus untuk meraih cita - cita saya dan membuat saya kurang bersyukur dengan keadaan yang ada sehingga membuat saya tertekan mendekati hari ulang tahun. Dalam keadaan tenang, saya pun berfikir, saat ini saya sudah tidak terlalu muda lagi, target hidup saya sudah harus jelas karena tidak mungkin saya hanya terombang ambing mengikuti arus kehidupan. Saat dirasa saya sudah mantab dengan pemikiran itu, saya pun membuat resolusi baru. Sebenarnya resolusi yang saya buat tidak jauh berbeda dengan resolusi sebelumnya mungkin hanya menambahkan beberapa poin kecil saja. Semoga saya bisa menuliskan resolusi - resolusi saya di blog dalam waktu dekat. 

Gimana rasanya umur 21? 

Amazing ! saya biasanya tak terlalu memikirkan tentang ulang tahun, paling - paling akan ada banyak ucapan selamat, do'a dan beberapa kado yang akan saya dapatkan. Tapi tahun ini luar biasa! saya merasa sepertinya pemikiran saya benar - benar tumbuh di tahun ini. Target hidup saya seolah semakin jelas, dan saya mulai menikmati rasanya berjuang untuk hidup. Akan banyak tantangan yang harus saya jalani di depan nanti, saya harap,saya terus memiliki motivasi yang membara dan terus bermimpi hingga ajal menjemput. 

Cerita lain? di pagi hari saya mendapat do'a yang sedikit berbeda dari sebelum - sebelumnya. "Semoga cepet dipertemukan jodohnya, semoga cepet nikah" Nah lho, hahaha iya juga mengingat target saya menikah muda di umur 22 / 23 tahun rasanya semakin dekat. Harus benar - benar memantaskan diri mulai sekarang. Saya aminkan do'anya, tapi saya sangat menghindari yang namanya "gupuh nikah" ya meski saya kadang maksa temen - temen saya biar didoain cepet nikah padahal saya paling muda tapi bukan berarti saya buru - buru saat ini pengen nikah. Enggak.. sebenernya cukup banyak disekitar saya yang belum menikah hingga umur yang tak muda lagi dan saya melihat rasanya sangat kesepian jika tidak bertemu pendamping hidup, sedangkan melihat yang lain sudah memiliki pasangan dan punya anak,tentu akan lebih ramai rasanya dan jauh lebih bahagia melihatnya. Saya tidak bilang yang tidak menikah tidak bahagia lho ya. Saya terbiasa berkumpul dengan orang banyak, keluarga saya pun bisa dikatakan keluarga besar karena anak Ibu saya saja ada tujuh dan saya anak terakhir di rumah, kebayangkan ramainya kalau sedang kumpul, ya meski nggak semuanya bisa datang tapi beberapa saja sudah bisa bikin kesebelasan, makanya saya suka aja kalau bisa lebih "ramai". 

Saya rasa saya perlu menambahkan edit pada tulisan ini setelah membaca post ucapan ulang tahun di timeline facebook dari kakak-kakak saya tercinta yang tidak sesuai yang saya bayangkan. Tangis saya pecah. Haru, senang, bangga tiada tara memiliki keluarga seperti ini. Keluarga kami tidak bergelimang harta, tapi kami selalu mendukung satu sama lain, mencoba mengerti apa yang dirasakan satu sama lain. Mbak mas... Syukurku tiada tara untuk memiliki kalian. Ibu, Mami.... Saya janji akan melakukan yang terbaik untuk keluarga. Saya tidak ingin jadi anak bungsu yang cuma menyusahkan keluarga, tapi saya mau jadi anak bungsu yang bisa mengangkat derajat keluarga menjadi lebih baik.

Terakhir, saya ingin menambahkan do'a khusus untuk blog ini. semoga blog yang mulai saya kelola dengan sepenuh hati ini, semoga bisa bermanfaat untuk orang lain dan semoga saya selalu punya waktu untuk update tulisan di blog ini. Aamiin.... :D


© Journal Holic By Anis Wardhani

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi Journal Holic, Silahkan Berkomentar dibawah ini.

SUBSCRIBE ^^

recent posts

Instagram @aniswardhani_