Membentuk Habits

October 05, 2016

Seperti yang kita ketahui bahwa membentuk suatu habit bukanlah perkara yang mudah. Membentuk habit berarti kita harus melakukannya secara continue atau berulang -ulang. Saya sendiri pun mencoba membiasakan diri untuk produktif berkarya seperti menulis, foto, menggambar, mendesain tapi nyatanya memang tidak mudah untuk membiasakannya menjadi habit, bahkan belum sampai 21 hari membentuk habit tersebut, eh nggak taunya dihari ke 7 sudah berhenti. Salah satu habit yang sangat sulit saya lakoni akhir - akhir ini adalah proyek 365 photography atau biasa saya sebut 1 hari satu hasil foto. Jika dipikir tak sulit untuk mendapatkan satu foto terbaik dalam satu hari, dan setelah dilakoni ternyata..tak mudah membiasakan diri membawa kamera DSLR kemana -mana selain karena saya tak cukup berani hanya menenteng kamera tanpa diletakkan dalam tas untuk alasan keamanan juga saya tak punya cukup waktu untuk hunting berkeliling mencari foto karena waktu saya sejak pagi hingga maghrib habis untuk di kantor dan perjalanan pun ketika setelah maghrib saya punya waktu untuk hunting, rasanya terlalu lelah untuk berkeliling keluar rumah dan karena malam pasti akan sedikit terdapat noise pada foto. Banyak alasan !

Yes, that's right, bahwa salah satu penyebab saya gagal dalam membentuk habit 365 Photography Challenge adalah karena banyaknya alasan yang sebenarnya tidak terlalu berpengaruh jika sudah memiliki kemauan. Sebenarnya banyak sekali habits yang ingin saya bentuk mengingat saya orang yang "sedikit" tidak bisa diam dan ingin terus produktif dalam berkarya, list habit yang ingin saya bentuk pun beragam seperti aktif menulis blog, 1 day 1 juz, 1 day 1 juice, workout and diet everyday, 1 week 1 book, dlsb. cukup banyak :) Alhasil? hanya beberapa yang bisa saya jalankan. 

Saya sering kali mendapat kritik karena tidak fokus karena banyak sekali yang ingin saya lakoni dan ingin saya jadikan habit. Tapi, bagi saya meski lelah dan bingung karena saking banyaknya, saya merasa tidak rugi, nothing to lose, i'm just happy doing that. Mumpung masih muda, saya rasa baik juga mencoba banyak hal, belajarnya lebih banyak dan fisiknya pun masih kuat hehe. 

Wah ternyata cukup panjang juga pembukaan untuk tulisan membentuk habit ini. Dibawah ini adalah beberapa tips yang menurut saya pribadi manjur untuk memulai membentuk habit/kebiasaan :

1. Tulis Target Yang Ingin Dicapai Di Tempat Yang Sering Terlihat

Teknik ini merupakan teknik nomer satu yang selalu saya gunakan. Saya selalu memasang banyak catatan yang tertempel di dinding kamar saya, sehingga harapannya ketika bangun tidur saya akan langsung membacanya, dengan begitu saya akan selalu ingat akan mimpi dan tujuan hidup saya setiap waktu. 

2. Buat To Do List Harian Untuk Memantau Perkembangan Dari Habit yang Ingin Dibentuk

Kebiasaan ini awalnya karena melihat teman kampus saya yang melakukannya terlebih dahulu,  dia membawa sticky note kemana - mana dan menulis kegiatan yang akan dilakukannya hingga sedetail mungkin! awalnya saya sedikit geli bahkan untuk mandi pada jam berapa, akan makan serta lauk apa yang akan dimakan ditulis olehnya. Setelah saya coba praktikan ternyata sangat efektif untuk mengatur waktu saya, saya pun bisa lebih produktif. Dan semenjak itu, menulis to do list di buku catatan setiap hari menjadi kebiaasaan saya hingga saat ini. 

3. Don't Stop Until 21 Days

Pernah mendengar bahwa habit bisa dibentuk dengan melakukan kegiatan tersebut terus menerus selama 21 Hari? Menurut artikel yang diterbitkan oleh forbes, salah satu majalah bisnis yang namanya tak dapat diragukan lagi, bahwa untuk merubah suatu aktifitas menjadi habit bisa saja dibentuk dengan melakukannya terus menerus selama 21 hari. So? just do it :D .

Selain resep 21 Days itu, sebenarnya ada lagi resep untuk membentuk kebiasaan agar bisa menjadi master atau ahli dalam suatu bidang, yakni dengan menghabiskan 10,000 Jam dengan melakukan suatu aktifitas tertentu dengan fokus, maka insyaallah atas ijin-Nya anda akan menguasai bidang tersebut. Sepertinya banyak sekali yang membahasa masalah 10,000 hours ini di internet, silahkan berselancar ria di internet untuk ingin lebih jelasnya :)

4. Yakin Dan Tetap Lakukan yang Terbaik

Merasa sudah berusaha tapi tetap saja tager belum tercapai itu merupakan hal yang lumrah. Wajar. Tapi tetaplah yakin dan lakukan yang terbaik, karena jika sudah berusaha, maka hasil tidak akan menghianati. 

5. Jika Bosan Cari Tantangan dan Inovasi Lain

Melakukan kegiatan yang sama terus menerus pasti memiliki tingkat stagnan untuk beberapa orang, termasuk saya. Stagasi atau stuck biasanya dikarenakan rasa bosan, untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mencari tantangan dan inovasi berbeda saat melakoninya. Buat diri merasa nyaman dan fresh terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan tersebut.

5. Berdoa dan Tawakkal
 Kita boleh berusaha maksimal tapi semua kehendak pasti akan kembali kepada Sang Pencipta. 

Dan... saya pun, meskipun tulisan saya kebanyakan hanya opini saya pribadi, saya berusaha untuk membentuk habit menulis dengan mencari referensi yang sekiranya "kuat" terlebih dahulu agar tulisan saya juga tidak terlalu ngasal hehe maklum saja saya masih pemula dalam menulis.

Reference :
[1] http://www.forbes.com/sites/jasonselk/2013/04/15/habit-formation-the-21-day-myth/#2acee8c26fed, diakses pada 6 oktober 2016

© Journal Holic By Anis Wardhani

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE ^^

recent posts

Instagram @aniswardhani_