Tips Trip to Majene, Sulawesi Barat

November 23, 2016

Bandara Sultan Hassanudin Makassar

Perjalanan ke Majene kali ini merupakan perjalanan yang tidak pernah saya rencanakan sebelumnya tidak seperti perjalanan - perjalanan sebelumnya.  Karena ada beberapa urusan penting yang harus diselesaikan disana sesegera mungkin. Tips dibawah ini semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin melakukan perjalan ke Majene. 

Akses Transportasi Menuju Majene (dari Mamuju dan Makassar)

untuk menuju majene bisa menggunakan 2 jalur yang berbeda. Jika Anda menggunakan pesawat, Anda bisa memilih untuk transit dari makassar (UPG) menuju ke bandara mamuju tampa padang (MJU) lalu dilanjutkan perjalanan darat 3 jam menuju majene, tapi bisa juga cukup dengan naik pesawat turun makassar lalu dilanjutkan perjalanan darat selama 6 jam ke majene. Saya sendiri berangkat dari SUB (surabaya) menuju makassar bandara sultan hassanusin (UPG) baru setelahnya saya transit ke mamuju (MJU) lalu dilanjutkan perjalanan darat menuju majene dengan mobil (panther).

Bandara Mamuju, Tampa Padang

Untuk perjalanan darat di daerah Sulawesi Barat ini khususnya dari mamuju ke majene, jika Anda sudah tiba dari bandara Mamuju anda bisa menaiki mobil angkutan (disini orang menyebutnya panther) karena memang angkutan yang mereka pakai adalah mobil avanza, xenia, dan semacamnya. 

Tarif dari bandara menuju terminal Rp. 100.000 per orangnya. Setelah sampai terminal anda bisa menggunakan panther lagi menuju majene dengan tarif Rp. 70.000 per orang atau dengan bis malam (semua bis disana memakai sistem bis malam) tarif tersebut sudah sampai di tujuan yang anda inginkan tanpa perlu oper lagi. Namun, jika Anda turun di makassar, Anda bisa naik taxi menuju terminal lalu memesan bus malam ke majene, tarif bus malam sekitar Rp. 120.000 per orang. 

berdasarkan pengalaman saya, saat berangkat saya mencoba transit dari mamuju baru ke majene, tapi saat pulang saya naik bus malam langsung dari majene ke makassar langsung. Menurut saya, menggunakan perjalanan darat langsung dari atau ke makassar akan lebih hemat dan lebih efektif. selain pesawat transit (dari makassar ke mamuju) tidak delay juga biaya transportasi yang dikeluarkan lebih sedikit. Dan saya sendiri merasa lebih nyaman kalau menggunakan bis malam.

Maskapai ke Mamuju menggunakan pesawat kecil

Tips : untuk menaiki panther harap hati - hati memilih panther yang ingin dinaiki (khususnya untuk yang sering mabuk), Pengalaman saya harus menahan mabuk karena panther disana jalan dengan kecepatan yang lumayan tinggi dan perjalanan di mamuju penuh dengan belokan. dan bagi Anda kaum wanita sebaiknya ditemani agar lebih aman. 

Angkutan Kota

Setelah anda sudah sampai majene, dan jika Anda ingin jalan - jalan ada banyak angkutan yang akan mengantarkan Anda. Angkutan disini disebut pete-pete. Tidak seperti di kota - kota besar, angkutan disini tidak memiliki rute khusus sehingga pete - pete akan memudahkan Anda mengantar tempat yang ingin Anda kunjungi langsung. (Hampir mirip taxi namum dengan harga yang super miring hehe) disini masih ada tarif angkutan yang sangat terjangkau cukup dengan Rp. 2500 tapi harga juga bisa berubah menurut jauh dekat lokasi yang dituju. 

Penginapan

Untuk penginapan sendiri, di majene sudah ada banyak penginapan, khusunya di jalur poros mamuju - majene. Tarif penginapan pun juga cukup terjangkau, Rp. 150.000 per malamnya.  

Tempat Wisata 

Jika Anda suka dengan pantai, majene merupakan destinasi yang sangat cocok utnuk Anda. Disini Anda bisa menuju ke Pantai Dato dan juga Pantai Barane. Keduanya menyajikan pemandangan pantai yang istimewa. Selain majene merupakan tempat yang cukup aman untuk dikunjungi, penduduk di majene juga cukup ramah dengan pendatang. 

Makanan 

Tak perlu khawatir kelaparan ketika Anda berada di majene, Untuk makan pagi Anda bisa menemukan banyak warung menjual nasi kuning di pinggir jalan harganya pun sangat terjangkau sekitar Rp.8.000 - Rp 15.000. dan untuk makanan khas jangan lupa mencoba ikan tuing - tuing, Jepa, dan ikan terbang asap.


© Journal Holic By Anis Wardhani

You Might Also Like

1 komentar

  1. rekan transportasi dari bandara tampa padang ke sendana, rekomendasi dari rekan pakai apa ya ? saya rencana bulan september ke sulawesi barat

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi Journal Holic, Silahkan Berkomentar dibawah ini.

SUBSCRIBE ^^

recent posts

Instagram @aniswardhani_