Bekerja, Kuliah, dan Berkarya

January 08, 2018



Pagi ini tiba - tiba saya ingin menulis lagi. Lama rasanya saya tidak menulis. Memasuki tahun 2018, saya mencoba mengevaluasi tahun 2017 yang telah menemani hari - hari saya kemarin. Di salah satu blog post pun saya menulis bahwa saya ingin menjadi lebih produktif dalam berkarya khususnya fotografi dan menulis. Ternyata saya hanya menjalankan salah satunya saja, cenderung lebih aktif memotret saja kemarin hehehe.

Tahun kemarin, saya sudah mulai menjalani kehidupan saya sebagai mahasiswa lagi, Alhamdulillah, semester awal nampaknya tidak ada kendala yang terlalu berarti. Menjadi mahasiswa transfer di salah satu kampus di Surabaya. Pagi kerja, Malam Kuliah. Masyaallah.. Awalnya rasanya nano - nano. Kerjaan menumpuk di tempat kerja lalu tugas kuliah yang lumayan menyita waktu sukses membuat mata saya makin berkantung. hehe. Begitulah hingga kemudian kerja dan kuliah menjadi rutinitas saya setiap hari. Berangkat pagi dan pulang larut malam. Alhamdulillahnya lagi teman - teman saya yang dulu satu kampus, beberapa juga melanjutkan studi di kampus baru yang sama sehingga tidak terlalu terasa melelahkan. :)

Lalu, bagaimana dengan berkarya?

Banyak juga nano - nanonya dalam berkarya. Saya mulai meyakinkan diri dengan membuat to do list habit setiap hari dimana menulis, fotografi , dan design muncul dalam daftar tersebut. Bulan pertama.. hanya satu centang yang muncul disitu, disitu saya menulis blog post untuk resolusi 2017. :D Bulan - bulan berikutnya.. tidak jauh berbeda, kolom menulis masih kosong melompong tak pernah dicentang, ya meski kabar baiknya pada kolom fotografi sudah banyak yang sudah penuh. Alhamdulillah.. setidaknya passion saya yang satu ini tidak mati kutu dan bisa membantu sedikit untuk menambah uang jajan :)

Kendala yang paling berat bagi saya adalah melawan rasa malas dan komitmen. Diluar kegiatan saya kuliah dan bekerja adalah pilihan waktu terbaik saya untuk berkarya. Pilihannya ada tiga. Selepas sholat subuh, diatas jam 11 malam, dan waktu senggang di kantor. Rasa kantuk dan lelah ternyata memang sangat berdampak pada susahnya memfokuskan diri saat menulis atau mendesign. Disaat itulah saya pun menyempatkan mandi ! Saya pikir refreshing saya ternyata cukup murah dan sangat mudah. Cukup mandi saja seolah - olah  melarutkan energi - energi negatif yang bersemayam dalam tubuh saya. hehehe mungkin ini hanya alasan saya biar tidak mengeluarkan duit saja.

Kemudian... beberapa hari yang lalu. Salah seorang teman di instagramnya memposting tentang resolusinya untuk #30HariMenulis. Tangan saya yang semula hanya menscroll beranda instagram tiba - tiba penasaran dengan resolusinya itu yang cukup menginspirasi saya juga untuk kembali aktif di menulis di blog lagi. Jadi dalam 30 Hari berturut - turut setidaknya harus menulis. Apapun bentuknya, mau fiksi, non fiksi, dan sebagainya yang penting menulis. Rasanya memang tidak ada kata terlambat untuk menulis atau berkarya. Saya juga ingin membiasakan diri menulis karena saya yang masih amatir dalam tata bahasa dan buntut- buntutnya itu. Dan tulisan ini menjadi post pertama di 2018 ini sekaligus mengawali #30HariMenulis saya. Selamat menjalaninya untuk diri saya sendiri dan Anda yang mungkin terinspirasi untuk menulis. :)

Bisa bertahan nggak ya? :D



© Journal Holic By Anis Wardhani

You Might Also Like

1 komentar

Terima kasih telah mengunjungi Journal Holic, Silahkan Berkomentar dibawah ini.

SUBSCRIBE ^^

recent posts

Categories