Kita Hidup Hanya Sebentar

January 09, 2018


Perlu saya sampaikan sebelumnya bahwa tulisan ini hanya sebagai renungan dari saya. Saya hanya manusia biasa yang masih perlu banyak belajar dan berbenah diri. Tapi mari kita coba sama - sama merenung sejenak. Mungkin juga dari tulisan saya ini akan menimbulkan pro dan kontra, namun silahkan memberikan masukan dan kritik pada saya jika memang saya salah, karena saya pun masih perlu banyak sekali belajar. 

Setiap hari saya mencoba memberikan waktu pada diri saya untuk merenungkan tentang kehidupan ini, hanya sebentar saja, memberikan waktu untuk sendiri, melupakan sejenak rutinitas yang terjadi di hari itu. Dari merenunglah berbagai macam hal muncul dalam pikiran saya. Kemudian pikiran saya sering berhenti pada satu titik yang pasti, bahwa... semua yang bernyawa pasti akan mati. Saya menyadari bahwa setiap manusia lahir di dunia ini tidak membawa apa - apa dan mati pun juga begitu. Pembedanya adalah saat mati manusia sudah merasakan hidup di dunia, melakukan banyak hal, dan terakhir manusia akan bertanggung jawab pada apapun perbuatan yang telah dilakukan di dunia ini.

Bagi beberapa orang membahas kematian adalah sesuatu yang tabu, dianggap tidak pantas untuk dibicarakan. Saya ingat karena sering kali dimarahi oleh Ibu dan saudara saya karena pernah mengatakan "Kita tidak tahu umur manusia, bahkan saya yang muda juga bisa diambil sewaktu - waktu oleh-Nya." Namun saya malah dimarahi karena tidak pantas mengucapkan kata-kata seperti itu. Jika saya tanya kenapa, selalu jawaban bahwa kematian adalah hal yang tabu dan kita tak berhak membicarakannya, itu rahasia Tuhan, katanya. 

Tapi.. bukankah semua manusia pasti akan menemui ajalnya? Kita hidup ini memang hanya sebentar. Tidakkah dengan memikirkan kematian yang sewaktu - waktu akan datang, kita akan mempersiapkan bekal diri untuk bekal kita mati nanti? 

Dulu.. saya punya motto hidup YOLO.You Only Live Once, and because you only life once, life must be meaningful, life must be great, and enjoy life as long as you do the right things. Ya.. hidup kita hanya sekali, sekali di dunia ini, namun.. setelah saya merenungkannya, hidup ini tidak hanya sekali, tapi ada kehidupan lagi setelahnya, dimana masing - masing diri akan mempertanggung jawabkan apa - apa yang telah kita lakukan di dunia dan diri ini akan kekal disana. forever after...

Kita hidup di dunia sungguh hanya sebentar. 
Tidak menunggu kita tua.
Tidak menunggu kita kaya. 
Tidak menunggu kita wisuda, nikah,  pensiun. 
Tidak menunggu.... Kita bertaubat. 
Kematian bisa menghampiri kita sewaktu - waktu.
 
Bolehkah bertanya, apa saja yang sudah dilakukan diri ini saat masih hidup?


© Journal Holic By Anis Wardhani

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi Journal Holic, Silahkan Berkomentar dibawah ini.

SUBSCRIBE ^^

recent posts

Categories