Manusia dan Pencitraan

January 11, 2018



Saat ini saya mengambil konsentrasi public relation di kampus saya, dan selang satu semester sudah saya lewati perkuliahan disini. Dapat saya  tarik satu pendapat bahwa semua yang saya pelajari pada intinya di public relation adalah mempelajari tentang bagaimana membentuk suatu citra alias pencitraan. 

Mungkin saya skeptis dengan istilah pencitraan. Dulu saya mengira pencitraan itu salah satu ungkapan negatif untuk menggambarkan topeng bagi seseorang yang tidak mau menunjukkan tabiat asli dari manusia tersebut. Duh polos sekali. Mungkin saya termasuk audience media yang tidak berdaya dengan pemaparan infotainment media gosip yang hits pada masa saya masih nonton televisi dulu. :D kan sering tiba - tiba orang berkomentar "Halah... Artis A tuh pencitraan aja soalnya mau nyalonin jadi anggota." hehehe 

Tapi memang benar adanya jika semua orang dalam menjalankan kehidupan ini membentuk citra dirinya. Yang membawa dampak pada bagaimana orang lain memandang seseorang tersebut, bagaimana kesan - kesan orang lain terhadap orang tersebut. Apakah baik ataukah buruk kesan yang ditinggalkan. Jadi pencitraan merupakan upaya dalam membentuk citra diri. Baik perseorangan maupun lembaga. 

Karena pencitraan merupakan suatu usaha atau upaya, kita pun hidup di dunia ini membentuk citra diri kita sendiri. Apa saja yang kita lakukan akan menghasilkan citra kita. Tinggal pilih saja mau dapat citra yang baik atau yang buruk. 

Manusia dengan segala hal yang dilakukannya akan membentuk citranya sendiri. Namun rasanya dunia ini terlalu sayang jika hanya ditujukan untuk membentuk citra yang ada dipikiran orang lain, meski ternyata itu penting untuk dapat memilih kita akan menjadi pribadi yang seperti apa dalam bermasyarakat, karena kita sendiri sebenarnya juga sudah dapat menilai mana yang baik mana yang buruk hanya terkadang manusia membiaskan pilihannya.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi Journal Holic, Silahkan Berkomentar dibawah ini.

SUBSCRIBE ^^

recent posts

Categories