Inspiring Writter for Happy Family

February 13, 2019

Kadang kita memang perlu dihadapkan dengan kenyataan - kenyataan pahit, agar kemudian kita mampu bersyukur kala kondisi sudah menjadi lebih baik. Karena hidup tidak selalu manis. Begitu juga dengan kehidupan berkeluarga, kehidupan dalam ikatan agung bernama pernikahan. 

Rasanya sudah banyak sekali kabar tentang ketidakharmonisan rumah tangga yang ada. Membuat para jomblowan jomblowati cukup resah, gundah, bahkan beberapa menyimpan trauma akan pernikahan. Bukan hanya mereka, yang sudah menikah pun banyak sekali yang kemudian mempertanyakan, masihkah harus berjuang dan bertahan dengan pernikahan yang ada. 

Tapi marilah tanyakan pada diri.. 
Rumah tangga mana yang tidak menemui masalah ? Jawabnya.. tidak ada. 
Rumah tangga mana yang selalu tampak baik, penuh keharmonisan, dan mulus - mulus saja ? 
Ada kok, di instagram, di facebook, dll. hmmm...

Sungguh.. tidak semua yang ada di sosial media memang benar adanya. Karena banyak yang ditampilkan yang baik - baik saja, yang ingin ditunjukkan dan dilihat orang lain, yang buruk? cukup disimpan sendiri. Oleh sebab itu, tidak pas bila menakar kebahagiaan hanya berdasarkan yang terlihat di sosial media saja. Peribahasa jawa bilang. Sawang Sinawang.  

Menikah.. itu solusi, namun bukan segala solusi dari setiap permasalahan. Dibutuhkan banyak bekal, kesiapan, ilmu, dan kematangan. Dan masa terbaik menyiapkannya adalah jauh sebelum pernikahan, meski ketika menikah pun, masih harus terus belajar dan belajar lagi bagaimana membangun rumah tangga dan melewati berbagai masalah yang akan dilalui. tak ada kata terlambat untuk belajar dan memperbaiki keadaan. 

Bhaikkk... Mari sedikit menyimpan masalah - masalah itu agar tidak semakin menjadi - jadi takutnya. Berikut ini beberapa rekomendasi penulis yang menurut saya bagus sekali untuk kembali belajar sekaligus menenangkan dan memantabkan hati bahwa keluarga bahagia itu bisa diraih. 

1. Cahyadi Takariawan Penulis buku Wonderful Family Series 

Anda sudah baca buku - buku Beliau? hehehe saya belum. Semoga bisa segera tercentang wishlist untuk membaca buku beliau. :(  Tapi bagi anda yang belum sempat membeli buku beliau, bisa membaca tulisan beliau di portal kompasiana. 


2. Ust M. Fauzil Adhim 

Sudah banyak sekali buku yang ditulis Beliau dan saya salah satu penggemar buku - buku beliau. Buku - buku beliau tidak hanya tentang membangun pernikahan, namun juga tentang parenting sebagai bekal mempersiapkan pendidikan terbaik bagi anak - anak yang telah diamanahkan olehNya. Buku yang saya rekomendasikan bagi kehidupan pernikahan anda, adalah Agar cinta selalu bersemi. disini beliau membahas pentingnya "komunikasi yang baik" dalam rumah tangga. Kadang masalah yang ada, hanya perlu dibicarakan bersama, duduk bersama, dengan tenang, dan saling menumbuhkan cinta. 

3. Salim A. Fillah

Sekarang ini siapa yang tak kenal ustadz salim? selain gencar mendakwahkan kajian - kajian bertema pernikahan, Beliau juga telah menulis banyak buku tentang pernikahan. 

4. Anis Matta 

Ada pesan beliau yang bisa menjadi renungan. Untuk kutipan ini saya ambilkan dari salah satu laman di kompasiana oleh anugrah roby disini

 "Jangan pernah bermimpi mencari pasangan yang ideal, tapi carilah pasangan yang tepat. Kita tidak sedang berpikir mencari istri atau suami unggul. Carilah istri yang tepat dengan bingkai kita, dengan kepribadian kita. Sebab ternyata tidak semua orang cerdas membutuhkan orang cerdas lain, tidak semua orang gagah membutuhkan wanita cantik,"

Bila saat ini kita telah kecewa dengan pasangan kita, barang kali kita perlu mengingat kembali, untuk apa dulu bersama, mengingat kembali masa - masa bersama, dan segala kelebihan dan pengorbanan  yang ada, yang seharusnya patut untuk disyukuri. Yang tampak sempurna diluar, akan tetap terlihat indah sebelum dimiliki, namun ketika dimiliki, rasanya akan sama, biasa saja, dan selalu ada yang lebih baik di luar sana. Berhenti mencari, sebab yang terbaik dan terindah sebenarnya sudah ada di depan mata. 

5. Ahmad Rifai Rif'an 

Penulis yang super produktif, Bahkan beliau pernah menulis sebuah buku hanya dalam waktu 3 hari ! Meski ditulis dengan waktu singkat tidak mengurangi kualitas tulisan beliau.  


Semoga rekomendasi buku beliau - beliau dapat menjadi inspirasi untuk membangun kembali sakinah dalam keluarga. Menyegarkan ulang alasan untuk kembali dalam tujuan yang sama. 


© Journal Holic By Anis Wardhani

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi Journal Holic, Silahkan Berkomentar dibawah ini.

SUBSCRIBE ^^

recent posts

Instagram @aniswardhani_